Filsafat Musik

Posted by kolevrocklin at 09.22

Filsafat menuntun pada kearifan (wisdom) dalam berpikir dan bertindak secara rasional. Musik sebagai seni mampu mengungkapkan hal-hal yang tidak dapat diekspresikan dengan kata-kata, ataupun oleh jenis seni lainnya – musik lebih mampu dan lebih ekspresif dalam mengungkapkan perasaan daripada bahasa lisan dan tulisan; sebab bentuk-bentuk perasaan manusia jauh lebih dekat atau sesuai dengan bentuk-bentuk musikal. Musik menanamkan dalam jiwa manusia perasaan dan budi yang halus (etika). Karena musik, jiwa mengenal harmoni dan irama (ritme), keduanya adalah landasan yang baik untuk menghidupkan rasa keadilan. Tetapi dalam pendidikan musik, harus dijauhkan lagu-lagu yang melemahkan jiwa serta mudah menimbulkan nafsu yang buruk. Seni musik dan sastra sangat berkaitan erat, juga musik merupakan bahasa filsafat. Mengapa seseorang menciptakan sebuah karya, bukankah ia tidak menciptakan unsur-unsur dari karya ciptaannya? – seperti bahasa, kata-kata, nada, ritme – Semua unsur tersebut sudah ada, dan ia hanya merangkainya menjadi suatu karya seni hasil ciptaannya. Ciptaan inilah yang sering menimbulkan persoalan filosofis.

Bangsa Yunani 

Seni musik sangat penting, orang berpendidikan tinggi dan berbudi luhur disebut orang yang musikal.

Immanuel Kant

Musik adalah bahasa ekspresi manusia yang masih harus diterjemahkan, emosi saja tidak cukup untuk menerangkan musik; oleh sebab itu diberlakukan kaidah-kaidah logis untuk mendasari kesenian. Ada perbedaan yang jelas antara keindahan alam dan estetika (keindahan seni) – musik dikatakan indah bila memiliki bentuk saling mempengaruhi nan harmonis antara imajinasi dan pengertian. Seni yang indah adalah seni dari seorang jenius, seni dari ahli pikir.

Wagner

Musik adalah abadi karena bersifat cita-cita dan tak terhingga sebab musik adalah puisi bunyi – yang mengawali penciptaan ide-ide musikal selanjutnya.

Friedrich Nietzsche

Hanya musik yang memberikan arti dalam hidup manusia. Musik dapat menjadi tempat pelarian sementara manusia dari kenyataan hidup.

Georg Wilhelm Fredrich Hegel

Tuhan memanifestasikan diriNYA ke dalam alam semesta, sedangkan seni memanifestasikan dirinya ke dalam bentuk keindahan. Jiwa musik lebih dominan daripada unsur-unsur realitas yang nampak – seperti komposisi musik atau instrumennya. Melalui musik manusia dapat menemukan dirinya yang hilang.

Langer

Estetika merupakan jalan menuju etika. Dengan musik kita mampu mencari diri dan sering menemukan ekspresi diri.

Arthur Schopenhauer

Musik adalah salah satu jalan untuk manusia keluar dari dunia yang penuh dengan penderitaan, sebab manusia hanya memiliki dua jalan yaitu estetis (seni) dan etis (perbuatan baik).

0 comments:

Posting Komentar